Pengguna Webmail Pacific Link cukup sering lapor tidak bisa akses (browsing) ke alamat/url https://webmail.pacific.net.id. Umumnya mereka menemukan layar dengan pesan "Unable to Connect". Kondisi seperti itu hampir dapat dipastikan akses pengguna ke mail server terblokir. Persisnya yang terblokir itu adalah alamat IP (internet protocol)-nya. Helpdesk kami biasanya langsung menanyakan IP di tempat pengguna mengakses dengan meminta pengguna untuk browsing ke ipsaya.com atau sejenisnya, untuk mengetahui IP yang dipakai.

Setelah IP diberitahukan ke Helpdesk, tim terkait akan mencek dan merilis IP yang terblokir tersebut. Lalu memberitahukan pengguna untuk mencoba kembali.

Bagaimana menghindari pemblokiran?

Hanya satu kata kuncinya yaitu "Jangan salah password". Kesalahan bisa karena salah ketik, termasuk CAPS LOCK sedang On, dan bisa juga karena lupa password. Sistem email memberi toleransi hanya 1 (satu) kali salah. Begitu mencoba kedua kalinya salah, maka usaha ketiga akan sia-sia alias IP sudah terblokir. Lalu minta blokir dirilis ke Helpdesk.

Setelah blokir dibuka dan terjadi kesalahan password lagi, maka IP terblokir kembali. Demikian seterusnya.

Tidak tertutup kemungkinan terjadi rentetan kesalahan, yaitu selain minta buka blokir, pengguna juga minta agar passwordnya di-reset karena lupa. Lalu password standar diganti dengan password baru. Ternyata pengguna mempunyai lebih dari 1 device yang dipakai untuk email, misalnya laptop dan handphone (gawai). Bila demikian, maka seluruh password di semua device harus disamakan dengan password yang baru. Bila tidak, maka device yang menjalankan aplikasi "push mail" akan terus-menerus mencoba cek email dan terus-menerus melakukan kesalahan password. Hal inipun dapat mengakibatkan IP terblokir.

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat menggunakan email Pacific Link dengan lancar. Bila ada hal-hal yang masih ingin ditanyakan, silakan mengirimkan email ke help@pacific.net.id.