Petunjuk setting webmail, dalam contoh demo@pacific.net.id

  1. Buka browser (apa saja)
  2. Akses ke https://webmail.pacific.net.id atau https://webmail.ptabc.co.id. Jangan lupa pakai https di depannya.
  3. Bila muncul di layar seperti screenshot berikut, itu karena sertifikat keamaan tidak dikenal browser. Klik "Advanced".
  4. Lanjutkan klik yang dilingkari merah, sampai mucul Login Page.

Klik"Advanced"

Klik yang dilingkari merah

Klik yang dilingkari merah

Sampai muncul Login Page

  1. Login dengan username sesuai elamat email LENGKAP dengan domainnya, misalnya demo@pacific.net.id.
  2. Masukkan password. Helpdesk akan memberikan password sementara.
  3. Setelah berhasil login akan muncul layar Inbox seperti screenshot berikut.

Inbox

  1. Lengkapi Identitas dengan klik Settings di kanan atas, lalu pilih dan klik menu Identities di kiri, klik email yang akan dilengkapi identitasnya.
  2. Lengkapi terutama 2 kolom yaitu Display Name dan Reply To. Kolom Reply To disamakan isinya dengan alamat Email.
  3. Klik Save.

Set identitas pengirim

  1. Langkah berikutnya adalah mengganti Password dengan mengklik menu Password di kiri (masih di menu settings spt butir 5).
  2. Ganti Password sesuai kolom yang tersedia. IKUTI petunjuk pembuatan Password.
  3. Klik Save.
  4. Klik Mail (icon amplop) di kanan atas dan email siap digunakan.

Mengganti password

Klik icon Compose untuk membuat email.

Membuat email

  1. Jajaran menu di kiri atas digunakan untuk melakukan aktivitas email yaitu: Refresh, Compose, Reply, Reply all, Forward, Delete, Mark, dan More.
  2. Bila ingin melengkapi Address Book, klik menunya di kanan atas, lalu klik tanda (+) di bagian bawah kolom Contacts.
  3. Silakan masukkan alamat kontak anda sampai selesai klik Save.

Menginput kontak kita.

PERHATIAN!
Salah memasukkan Password sebanyak 2 kali, akses (IP) akan diblok.

Catatan:

  • Email @pacific.net.id juga dapat digunakan dengan POP3, dengan email client seperti Outlook Express, Evolution, dan dapat digunakan di gadget dengan Android dan iPhone.
  • Bila ingin set up di seluruh device (PC, laptop, gadget, tab, dll), agar pastikan dulu di satu device sudah berjalan dengan lancar, baru setup di device lainnya.
  • Begitu pula bila mengganti password, seluruh device harus diganti passwordnya. Bila salah satu saja tidak diganti dan device tsb mempunyai fitur 'push mail', maka akan dianggap oleh mail server sebagaai kegagalan login melebihi batas toleransi dan IP akan diblok.