Full header email adalah informasi lengkap mengenai 'perjalanan' email dari mulai titik pengiriman ke titik penerimaan. Full header email sangat membantu Helpdesk  bila ingin menganalisa masalah sending dan receive email di Pelanggan. Bila Pelanggan gagal mengirimkan email ke suatu alamat email tujuan, lalu menerima kembali email yang dikirimkan yang kita sebut "bounced email", maka Full header dari bounced email tsb dapat dikirimkan kepada Helpdesk.

Cara mendapatkan Full header bisa berbeda antara aplikasi email yang satu dengan yang lainnya, namun pada prinsipnya sama, menggunakan isitilah "Full header" atau "Show Source" atau semacamnya. Di bawah ini contoh menggunakan email Roundcube, full header diperoleh dengan mengklik titik tiga di atas dan pilih Show Source:

 

Hasilnya akan terlihat muncul sederetan informasi seperti screenshot di bawah ini. Seluruh isinya tinggal di copy (tekan Ctrl-A dan Ctrl-C) lalu di-paste di body email (Ctrl-V) untuk dikirimkan ke Helpdesk Pacific Link (help@pacific.net.id).

Bila masih ada hal yang ingin ditanyakan, silakan kirim email ke help@pacific.net.id.